Malu Masih Muda Sudah Ubanan, Tenang Guys, Tak Perlu Panik !! Ini Cara Mengatasinya.

Uban biasanya akan terlihat pada pria atau wanita di usia mulai 40 th., tetapi kok sekarang ini banyak anak muda yang sudah beruban? 


Walaupun tidak beresiko untuk kesehatan, uban ini begitu mengganggu penampilan, terutama untuk kita beberapa wanita, munculnya sehelai uban demikian meresahkan dan harus dicari pemecahannya supaya hilang dan tidak terlihat kembali. 

Terlebih dulu mencari cara mengatasi uban, yuk kita mencari penyebabnya kenapa uban ini terlihat terlebih dulu waktunya atau sudah terlihat saat remaja/masih tetap muda. 

1. M3r0k0k 

Tidak cuma beresiko untuk kesehatan, asap r0k0k otomatis dapat menghambat produksi pigmen warna rambut dengan cara alami. Bahkan m3r0k0k dapat tingkatkan kemungkinan rambut beruban sebesar 4x lipat. Jadi stop m3r0k0k sekarang ini juga ya. 

2. Aspek geneti 

kIni sebab yang sulit dijauhi. Apabila seseorang yang datang dari keluarga rambut beruban akan alami peluang 2x menderita permasalahan rambut sama. Terutama apabila orang-tua kita alami ubanan saat waktu mudanya dulu. 

3. Stres 

Stres ini memang bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan termasuk menghambat produksi melanosit yang berperan juga untuk mewarnai pada rambut, jadi kita harus pandai mengatur pola fikir, pola makan, dan istiqomah dalam beribadah supaya sehat dan terlepas dari stres. 

Walaupun ada obat yang bisa tutup uban dengan cara instan, makin tambah baik apabila kita menyingkirkan uban dengan bahan alami, lebih aman untuk kulit kepala, ramah lingkungan dan mudah di kantong. Bahan alami yang bisa kita gunakan satu diantaranya : 

1. Biji pepaya 

Ambil dan bersihkan biji pepaya dari buahnya, lantas bersihkan dan rendam biji pepaya itu dengan menggunakan air bersiih. 

Sangrai biji pepaya itu seperti sahabat menyangrai kopi. Tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai tadi sampai halus. Berikanlah sedikit minyak kelapa sesuai keinginan, campur sampai rata setelah itu berikanlah menyeluruh kerambut. Tutup menggunakan handuk serta diamkan selama lebih kurang 2 jam, lalu bersihkan sampai bersih. 

2. Daun Sepatu 

Tanaman sepatu mengandung flavonid yang bermanfaat untuk mengatasi uban. Selain itu daun sepatu juga mengandung polifenol dan saponin seperti yang ada dalam teh. 

Caranya cukup mudah, yaitu : 
Siapkan daun sepatu sekedarnya, lalu bersihkan dengan air bersih. Daun sepatu yang sudah dicuci tadi lalu dihaluskan, berikanlah sedikit air lalu saring dan simpan didalam botol, sahabat dapat juga memberi dengan sedikit perasan air jeruk. 

Gunakan air perasan daun sepatu tadi untuk dioles-oleskan dari akar sampai ujung rambut, tunggu sekitaran 30 menit. Lalu bersihkan dengan air sampai bersih. Biarkanlah kering dengan cara alami jangan sampai keringkan menggunakan hair dryer. 

3. Teh 

Teh mengandung anti-oksidan yang bisa melawan radikal bebas. Untuk menggunakan teh sebagai penghilang uban, kita cukup menyeduh teh dengan air panas. Lalu diamkan selama semalaman, gunakan air rendaman teh tadi untuk bersihkan kepala, lakukan dengan cara teratur. 

4. Daun Rambutan 

Ambil beberapa lembar daun rambutan, bersihkan menggunakan air sampai bersih. Haluskan daun rambutan tadi lalu berikanlah sedikit air. Saring daun rambutan yang sudah dikombinasi dengan air tadi. 

Gunakan air perasan untuk mengoles rambut dari akar sampai ujung. Diamkan sepanjang sekitaran 30 menit. Lantas basuh sampai bersih. 

5. Minyak kelapa 

Siapkan minyak kelapa sekedarnya lalu campur dengan perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata dan gunakan untuk mengoles rambut dari akar hingga ujung. Diamkan sekitaran 15 menit lalu basuh dengan air bersih. 

6. Minyak Kemiri 

Pertama sangrai kemiri lalu haluskan sampai keluar minyaknya. Berikanlah kemiri tadi pada rambut sampai rata. Biarkanlah kurang lebih sekitaran 15 menit lantas bersihkan dengan air sampai bersih. Kecuali untuk mengatasi uban minyak kemiri juga bertindak untuk melindungi kesehatan rambut 

7. Berhenti mencabut uban 

Di kulit rambut ada cukup banyak saraf. Apabila kita mencabut si uban tadi tentu saraf yang lain juga ikut terganggu, hal semacam itu di khawatirkan akan berikan volume uban yang ada di sekitaran rambut kita. 

8. Putih Telur 

Putih telur bisa pula dipakai untuk menyingkirkan uban. Caranya, buat masker rambut dari 3 butir telur ayam, ambil putih telurnya, campur dengan 1/2 sendok teh garam dan 1/2 gelas air hangat lalu berikanlah pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan-lahan. Tunggu selama lebih kurang 2 jam lalu bersihkan rambut sampai bersih. 

9. Yogurt 

Caranya cukup mudah. Buat masker rambut dari yogurt tidak ada rasa lalu berikanlah lada hitam dan kopi bubuk. 

Setelah tercampur rata, berikanlah pada rambut dan kulit kepala, biarkanlah selama lebih kurang 1 jam, lalu bersihkan rambut hingga bersih. 

Sumber : ummi-online