Cara Menurunkan Panas Demam Balita ,Tanpa Obat Kimia Kurang Dari 5 Menit


Demam, adalah keadaan yang bisa dialami oleh siapa saja termasuk juga oleh anak-anak. Sebagian orang tua sering kali kebingungan saat merasakan anaknya mengalami peningkatan suhu badan. Kekhawatiran yang dihadapi oleh orangtua akan menyebabkan sebagian aksi yang berlebihan dalam perlakuan demam. Walau sebenarnya demam adalah satu mekanisme yang terjadi didalam tubuh dalam menangani infeksi. 

Demam tidak membahayakan seandainya tidak menyebabkan dehidrasi, kesadaran menurun maupun kejang. Namun bila suhu anak naik cukup tinggi hingga membuat anak Anda benar-benar tidak nyaman atau dehidrasi, jadi pemecahannya menurunkan demam dengan cara di bawah ini yang begitu efisien. 

Cara Penanganan Demam pada Anak serta Balita Cukup 5 Menit 

– Letakkan Anak yang demam pada ruangan yang sejuk 

– Lalu kompres dengan kain basah di dahi anak Anda, biarlah dia bersandar 

– Mandikan anak di bak dengan air suam-suam kuku atau juga bisa menyekanya mengguanakn spons mandi. Karena Saat air menguap dari kulit si anak, uap air akan membawa panas keluar serta medinginkan suhu badan anak. 

– Jangan pakai air dingin. Karena pergantian suhu yang mencolok bisa membuatnya menggigil serta mengakibatkan suhu tubuhnya justru bertambah. 

– Demikian pula, jangan memakai alkohol. Hal semacam ini bisa mengakibatkan lonjakan suhu serta bahkan mungkin keracunan alkohol. 

– Berikan anak Anda banyak minum serta makanan yang medinginkan, seperti yogurt, untuk membantu mendinginkan tubuh dari dalam serta menjaganya tetap terhidrasi. 

– Lepaskan baju tebal anak Anda, hingga panas lebih mudah melalui keluar melalui kulit. 

– Beri baju yang tidak terlalu tebal, ringan serta lembut. Bila dia menggigil, berikan selimut yang tidak terlalu tebal hingga dia terasa hangat lagi. 

– Bersihkan, kupas serta parut sebagian kentang. Masukan kentang parutan kentang kedalam kaus kaki bersih lalu tempatkan kaus kaki tadi pada kaki anak Anda. Ini akan segera menurunkan suhu badannya. 

PERHATIAN : Hubungi dokter segera bila demam terjadi pada anak Anda berumur kurang dari 3 bln.. Untuk bayi berumur 3-5 bln., hubungi dokter bila suhu badannya meraih 101F atau 39 C derajat atau lebih tinggi serta pada begitu pula pada bayi yang berumur lebih dari 6 bln., bila demamnya meraih 102F/40 derajat atau lebih. 

Cara Menurunkan Panas Demam Balita, Tanpa Obat Kimia Kurang Dari 5 Menit 

Tidak perduli berapaun umur anak Anda, hubungi dokter bila dia mengalami demam berbarengan dengan gejala serius yang lain, seperti kesusahan bernapas atau bintik ungu di kulitnya. Ini bisa jadi tanda infeksi bakteri yang serius. 





sumber : http :// healthyrecipeshome. com