INGIN SEHAT SEPERTI RASULULLOAH SAW,..??? DIBAWAH INI MINUMAN SEDERHANA YANG MENYEHATKAN ROSULLOH SAW SETIAP HARI. MARI BERBUAT PAHALA DENGAN MEMBAGIKAN ARTIKEL INI


Buat sahabat yang lemah bertenaga. Saat Puasa.. Apakah itu air Nabeez..? Air nabeez yakni air rendaman (infused water) kurma/kismis (raisins). Kurma atau kismis di rendam di air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) dan diminum keesokkan paginya. Sumber menyampaikan : air nabeez ini yaitu kesukaan Rosulloh SAW. 

Nabi merendam beberapa butir kurma atau kismis (satu diantaranya) di dalam air untuk semalaman (dalam wadah bertutup) dan meminum air rendaman kurma itu diwaktu pagi hari. Airnya nabi minum & buah kurma yg sudah lembut, nabi telan sekali telan. Ada beberapa hadis yang menyampaikan tentang langkah buat air nabeez ini, salah satunya kisah dari Imam Muslim sebagai berikut : Aisyah pernah di bertanya tentang nabeez, lalu ia memanggil seseorang budak wanita asal Habasyah. 

“Bertanyalah pada wanita ini! ” Kata Aisyah. “Karena ia dahulu pernah membuat nabeez untuk Rasulullah SAW, ” paparnya. Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah buat nabeez untuk beliau dalam satu kantung kulit waktu malam hari. 

Lalu saya mengikatnya dan menggantungnya. Lalu saat pagi harinya beliau SAW meminumnya. ” Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa buat perasan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami buat rendaman pada pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau buat rendaman di sore hari lalu meminumnya saat pagi hari. ” 

 (H. R. Muslim) Bicara mengenai infused water. Orang barat baru sekarang ini faham dan baru mempopulerkan manfaat infuse water ini. Tetapi Nabi kita telah lama lakukan hal semacam ini. 

Dari segi kesehatan badan, buah kurma sudah bisa dibuktikan sebagai : 

1. Pemberi & pemulih tenaga (berikut karena mengapa kita disunahkan untuk mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa). 
2. Tinggi kandungan fiber ~ menyingkirkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menyingkirkan sembelit (atau meredakan & memulihkan 


diri dari sembelit). 
3. Pemberi zat besi yang sangat bagus. 
4. Kaya pottassium ~ utama dalam melindungi jantung & menstabilkan tekanan darah. 

Manfaat air nabeez Air nabeez yakni minuman berakali, yang bisa membantu membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu tubuh untuk singkirkan bahan2 racun yang berbahaya didalam tubuh. 

Dalam kata lain betguna sebagai sebagai detox. Dikarenakan air nabeez tinggi akan kandungan fiber, ia bisa membantu sistem pencernaan yang baik & tingkatkan/menajamkan fikiran. Agar kita tidak mudah lupa. 

Langkah membuat air nabeez : Rendamlah beberapa butir kurma (sebagusnya dalam bilangan ganjil) ke air masak didalam satu gelas air. Alangkah sebaiknya di buat pada saat sore mendekati malam, dan yakinkan gelas rendaman kurma itu tertutup rapat. 

Keesokkan paginya (+ 8-12 jam sesudah perendaman), air rendaman baru dapat diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu, dikonsumsi demikian sahaja. Kurma yang baik digunakan untuk buat air nabeez yakni kurma ajwa. Tetapi bila tidak ada kurma ajwa ~ dapat menggunakan buah kurma yang lain. 

Apabila ingin membuat air nabeez dengan menggunakan buah kismis dapat juga. Langkahnya ambil segenggam kismis, lalu direndam dalam satu gelas air. Dan dilewatkan semalaman seperti buat air rendaman kurma. Apabila menginginkan meminum air nabeez di waktu pagi hari, sediakan rendaman kurma/kismis pada sore mendekati malam. Dan bila ingin meminum air nabeez di waktu malam, buat rendaman kurma/kismis di saat pagi hari (+ 8 sampai 12 jam perendaman). 

Larangan dalam buat air nabeez : Hanya menggunakan satu di antara dari pada ke-2 buah2an (Kurma/Kismis) pada satu2 saat. 
Tidak dapat mencampurkan pada kurma & kismis dalam buat air nabeez. Tujuannya tidak dapat mencampurkan ke-2 buah itu dalam satu wadah. 

Air nabeez jika tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 sampai 2 hari. Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma/kismis yang sudah masuk lebih dari3 hari. Ini dikarenakan air rendaman kurma/kismis yang dilewatkan melebihi 3 hari terjadi sistem fermentasi, yang jadikan, air rendaman kismis/kurma itu jadi arak, dan hukumnya haram untuk diminum. Oleh karena itu, lebih baik buat air nabeez fresh daily. Dalam meminum atau nikmati Air nabeez ini dapat ditambah dengan susu/yogurt untuk menjadikan smoothie juga

Sumber;Media-Kesehatan.com