WOW Daun yang biasa tumbuh Liar ini Ternyata Ampuh untuk Berbagai Penyakit Ini Loh!


Ada yang tau nama tanaman ini? Walaupun tanaman ini tumbuh liar, kenyataannya dia dapat berikan manfaat mengagumkan untuk manusia, demikian banyak manfaat yang bisa ia berikan dari mulai untuk menyembuhkan panu, sariawan, sampai sembelit.

Manfaat Ketepeng Cina dikarenakan kandungan zat berguna dalam tanaman itu, seperti rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, rein aloe emodina asam krisofanat (dehidroksimethilantroquinone) dan tanin. Selain zat khas tadi dalam Ketepeng Cina juga terkandungalkaloida, flavonoida, serta atrakinon.

Mudah saja menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit yang umum terkena oleh masyarakat kita. Misalnya :

Panu

7 Genggam daun ketepeng cina fresh direbus lalu dilumatkan sampai jadi bubur. Lalu berikan pada
kulit yang terinfeksi jamur panu.

Sembelit/Sulit buang air besar

7 lembar daun ketepeng cina fresh direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih hingga hanya tersisa 1 gelas. Dinginkan untuk lalu diminum sekaligus.

Sariawan

4 lembar daun ketepeng cina fresh dicuci lalu kunyah dengan sejumput garam selama beberapa saat, telan air kunyahan daun dan buang ampasnya.

Cacing Kremi pada anak-anak

7 lembar daun ketepeng cina fresh di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai sisa 1 gelas, saring dinginkan lalu diminum pada malam hari.

Ketepeng Cina dapat kita dapatkan tumbuh liar di tempat-tempat yang teduh dan lembab, seperti di tanah kosong, halaman rumah dan pekarangan. Tanaman ini memiliki banyak nama daerah misalnya

Melayu : Daun kupang
Sunda : Ki manila
Jawa : Tengah Ketepeng cina
Madura : Acong-acong
Ternate : Kupang-kupang

Bila di daerahmu apa sebutannya?

Sumber;Media-Kesehatan.com