RAMUAN AJAIB KESUMBA KELING UNTUK MENGHANCURKAN BERBAGAI MACAM PENYAKIT, INI CARA MEMBUATNYA


Kesumba Keling atau Bixa Orellana sudah demikian popular di dunia. Terutama manfaatnya sebagai penghasil warna alami untuk kosmetika dan product industri yang lain. ditulis dari situs infoherbalis. com Konon Kesumba keling yaitu bahan baku warna alami paling utama no 2 di dunia setelah karamel. Buah kesumba, yang sepintas mempunyai bentuk sama rambutan ini, dapat diolah jadi pewarna alami berupa serbuk (anato) yang termasuk tipe karotenoid alami. 

Kandungan kimiawi yang ada pada batang dan daun yakni Tanin, kalsium oksalat, saponin, lemak. Sedang pada Daun, akar dan biji mempunyai kandungan Zat warna, bixine, orelline, glucoside, zat samak, damar, dan pigmen norbixin. 

Memakai Kesumba Keling Sebagai Obat 

DEMAM 

Obat minum : Cuci bersih `kira-kira 10 gr daun kesumba keling lalu rebus dalam 600 ml air sampai air tersisa setengahnya (300ml). Dinginkan lalu saring lalu tambahkan gula sekedarnya. Minum air rebusan 2 kali satuhari. 

Kompres kepala : Remas-remas daun kesumba keling dengan sedikit air, pakai airnya untuk membasahi kepala dapat juga dipakai sebagai kompres. 

DIARE 

Cuci bersih 10 gr daun kesumba keling lalu rebus dalam 400 ml air, didihkan hingga sisa 250ml airnya. Dinginkan, saring tambahkan sedikit madu, dan diminum 2 kali sehari. 

KURANG N4FSU MAKAN 

Cuci bersih 10 gr daun kesumba keling lalu rebus dalam 400 ml air, didihkan sampai sisa 250ml airnya. Dinginkan, saring, minum dengan tambahan madu seperlunya. 

MASUK ANGIN, BERI-BERI, PENDARAHAN, dan PERUT KEMBUNG 

Cuci bersih 3-10 gr daun kesumba keling, rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring lalu minum 2-3 kali sehari.

Sumber;Media-Kesehatan.com